KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN SALBLON RUBBER



http://adskpak.com/?type=2&id=abdelmoein&sid=41439


Agan-agan semua pasti sudah tidak asing lagi dengan hasil sablonan dari rubber kan? sablon rubber adalah salah satu jenis sablonan yang hits di pasaran. Ada yang tahu apa sih sebenernya sablon rubber itu? Rubber dalam Bahasa Inggris adalah karet, oleh karena itu banyak sebagian sabloners nusantara mengenalnya dengan istilah jenis sablon karet. Dan sifatnya tidak jauh beda dengan karet. Oke baik, sekarang mari kita bahas tentang

Kelebihan dan Kekurangan pada Sablon Rubber.

KELEBIHAN :

Kalau di bandingkan dengan tinta sablon lainnya, harga tinta rubber ini lebih murah. Tinta plastisol contoh nya, harga tinta plastisol berkisar antara Rp80.000 – 250.000/kg (sesuai dengan merk dan kualitas). Sedangkan harga tinta rubber sendiri pada umumnya hanya berkisar Rp50.000-Rp100.000/kg (sesuai dengan merk dan kualitas). Tidak heran dengan perbandingan harga yang mencolok ini, harga barang yang di sablon menggunakan tinta rubber jauh lebih murah dari pada yang lain nya.
Seperti yang sudah kita bahas, bahwa sifat rubber adalah tidak jauh dari karet, yaitu elastis. Maka tak heran, jika sablon ini paling tepat di gunakan pada kain yang bersifat elastis pula, karena jika dalam jangka waku tertentu kain mulai melar, sablon ini akan tetap mengikuti bentuk kain tersebut.

  • Cepat Kering
Sablon rubber ini juga mudah kering bahkan cepat kering dibandingkan dengan sablon lainnya. Terutama dengan menggunakan mesin heat press dengan suhu 120 derajat, tinggal hitungan detik sudah mengering.

  • Perawatan Mudah
Buat kamu yang sering mengeluh dalam masalah menyetrika kaos yang ada sablonannya, dan takut akan luntur bahkan lengket di setrika, jangan khawatir dengan sablonan rubber yak. Karena perawatan untuk sablon ini sangat mudah dan praktis.

  • Mudah Diperbaiki
Karena tinta rubber ini berbasis air jadi tinta ini akan sangan mudah di bersihkan menggunakan air selagi masih basah, jadi kita tinggal menunggu kaos kering dan melakukan penyablonan lagi tanpa harus mengganti dengan kaos yang baru.

KEKURANGAN :
  • Barang Tiruan / Tidak Original
Tinta rubber merupakan tinta dengan kualitas baik dengan harga yang terjangkau, hal ini kadang di manfaatkan oleh para pedagang nakal untuk membuat tinta yang berkualitas rendah tapi dengan harga yang normal alias KW (barang tiruan). Akibatnya, sering kali kita menjumpai sablon rubber yang mudah rusak, mudah retak dan mudah mengelupas saat dicuci.

  • Menimbulkan Kerak
Karena sifat tinta rubber yang cepat kering, tinta ini sering menimbulkan kerak pada screen setelah proses penyablonan. Kerak yang timbul ini mengakibatkan tersumbatnya pori pori pada screen yang di gunakan untuk menyablon, sehingga perlu pembersihan screen ulang atau screen yang baru.

  • Limbah
Semua jenis sablon pasti menghasilkan limbah, tetapi jika tinta rubber ini menghasilkan kerak yang banyak, maka perlu pencucian yang berlebihan pula. Akibatnya, seperti mata rantai jika tidak bisa menggunakan tinta rubber ini dengan baik, maka akan menciptakan limbah yang lebih banyak dari pada proses sablon dengan tinta yang lain.
Mungkin hanya itu ilmu yang bisa kita bagi untuk agan semua. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih

Wassalam……..

Comments

Popular posts from this blog

PERBANDINGAN SABLON RUBBER DAN PLASTISOL

Tutorial sablon manual tiga warna

Belajar Cara Pisah Warna untuk Sablon Separasi CMYK

5 Font Keren untuk Desain Kaos #1