TUTORIAL SABLON PLASTISOL

                 Akhir-akhir ini sablon plastisol lebih banyak digemari oleh para konsumen. Karena hasil dari sablon plastisol lebih bagus dan awet. Oleh karena itu. Kita akan memberika tutorial cara sablon plastisol.

               Untuk cara menyablon plastisol tidaklah susah. Pada dasarnya sama seperti sablon manual lainnya.

Untuk lebih jelas mari kita mulai tutorialnya….. let’s go !!!!

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan :

1)      PROSES PEMBUATAN FILM SABLON PADA SCREEN

1.       Kita siapkan screen printing yang bersih yang akan digunakan contoh seperti pada gambar

2.       Poles screen dengan obat afdruk secara merata (tingkat ketebalan disesuaikan keinginan) dengan obat afdruk yang banyak tersedia di pasaran.

3.       Keringkan screen tersebut hingga benar-benar kering, bisa menggunakan hairdryer, oven bahkan kipas angin (tetap di tempat gelap atau tidak terkena sinar secara langsung)

4.       Setelah benar-benar kering, siapkan design / gambar yang akan dicetak atau dijadikan obyek gambar.

5.       Letakkan gambar tsb. di atas kaca pada posisi normal (tidak mirror) yang di bawahnya terdapat lampu sebagai penerang / media pembuat gam bar, kemudian letakkan screen yang sudah kering tadi di atas gambar tsb. sesuai keinginan.

6.       Nyalakan lampu di bawah kaca (bisaKita siapkan screen printing yang bersih yang akan digunakan contoh seperti pada gambar

7.       Setelah waktu yang ditentukan mencukupi, angkat screen, langsung siram dengan air dingin, hal ini berguna untuk menjadikan obyek gambar pada kertas tsb. dapat berpindah / dicopy pada screen tadi.

8.       Semprot screen dengan air secara merata dan dengan tekanan yang dirasa aman (tekanan penyemprotan disesuaikan) untuk mengambil gambar / menjadikan gambar yang sudah tercopy di atas permukaan screen tadi.

9.       Setelah hasil semprotan dirasa sempurna dan screen benar-benar telah terbentuk gambar seperti pada kertas / film tersebut, segera keringkan screen hingga benar-benar kering (bisa di bawah matahari langsung, atau kipas angin, atau lampu hallogen.

10.   Setelah screen kering, lalu lapisi dengan plaster / isolasi pada sisi-sisi screen supaya benar-benar screen aman / tidak bocor.

11.   Screen siap digunakan untuk menyablon.

2)      PROSES MENYABLON

1.       Siapkan kaos jadi / kain di atas papan yang sudah tersedia, dan pastikan screen sablon sudah diukur dan disetting pada kaos / kain tsb.

2.       Siapkan GEL (terdiri dari 2 bagian yaitu : penebal dan pelembut), aduk secara merata dengan perbandingan 1 : 1 
3.       Tempatkan GEL tsb. di atas screen yang akan digunakan untuk menyablon.

4.       Siapkan Rakel / alat untuk menyablon, saput atau gesut rakel secara merata pada screen, hingga benar-benar yakin hasil saputan tsb. merata (hal ini sangat pokok dan penting karena untuk tingkat penyablonan berikutnya)

5.       Siap kan  plastysol ink di atas screen warna putih (khusus kain warna gelap) saput dengan rakel secara merata dan keringkan lagi seperti di atas.

6.       Saput lagi minimal 2 kali

7.       Siapkan plastysol ink warna yang dikehendaki di atas screen, kemudian saput lagi seperti pada sebelumnya hingga beberapa kali (jangan lupa setiap saputan harus dikeringkan dahulu hingga benar-benar kering / matang)

8.       Minimal saputan warna 3 hingga 6 kali.

3)      FINISHING

1.       Siapkan  HotPress, nyalakan pada suhu kira-kira 170 atau 180 derajat Celcius, biasanya pemanas dapat mencapai pada suhu tsb kurang lebih 30 menit.

2.       Siapkan kain / kaos hasil sablonan diatas matras hotpress dan jangan lupa ukur tekanan mesin hotpress dengan kain /kaos.

3.       Lapisi kain / kaos dengan kertas di atasnya dan mesin press siap digunakan

4.       Proses pengepresan pada umumnya membutuhkan waktu 15 hingga 25 detik.

5.       Kaos / kain siap digunakan.


Selamat mencoba J

Comments

Popular posts from this blog

PERBANDINGAN SABLON RUBBER DAN PLASTISOL

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN SALBLON RUBBER

Tutorial sablon manual tiga warna

Belajar Cara Pisah Warna untuk Sablon Separasi CMYK

5 Font Keren untuk Desain Kaos #1